Skripsi
PENGARUH MUSIK INSTRUMENTAL KLASIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IIS Semester Genap SMA Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
YONNANDA, RAKA SEPTA ADIS. 2015. “Pengaruh Musik Instrumental
Klasik terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IIS Semester Genap SMA Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Suwandono, M.Pd., Pembimbing II : Moh. Shaefur Rochman, M.Si.
Kata Kunci : Pengaruh, Musik Instrumental Klasik, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kejenuhan peserta didik terhadap pembelajaran matematika yang dapat menimbulkan pengaruh yang negatif terhadap prestasi belajar matematikanya. Dengan adanya musik instrumental klasik diharapkan dapat mengurangi kejenuhan peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini antara lain : (1) membuktikan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran disertai Musik Instrumental Klasik dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran tanpa Musik Instrumental Klasik. (2) membuktikan bahwa Musik Instrumental Klasik memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS semester genap SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2014/2015 sejumlah128 orang. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 96 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelompok sampel, tiap-tiap sampel terdiri dari 32 peserta didik. Kelompok pertama yaitu kelas XI.IIS.2 yang menggunakan pembelajaran disertai Musik Instrumental Klasik, kelompok kedua yaitu kelas XI.IIS.3 yang menggunakan pembelajaran tanpa musik instrumental klasik, dan kelompok ketiga yaitu kelas XI.IIS.4 untuk menguji cobakan instrumen penelitian. Untuk menguji kesetaraan sampel menggunakan uji anava satu arah. Setelah terbukti sampel-sampel tersebut mempunyai kemampuan awal yang setara, selanjutnya diberikan perlakuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Tes berbentuk soal pilhan ganda yang terdiri dari 25 soal dan masing-masing mempunyai 5 options jawaban yaitu. Untuk menguji hipotesis 1 teknik analsis datanya menggunakan uji-t dan untuk menguji hipotesis 2 digunakan uji-t satu pihak.
Hasil analsis menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran disertai Musik Instrumental Klasik dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran tanpa Musik Instrumental Klasik. (2) Musik Instrumental Klasik memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
17115000820 | YON p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain