Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION TERINTEGRASI DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Model Pembelajaran ARIAS, Pendekatan Scientific, dan Prestasi Belajar
Latar belakang : Sebagaian peserta didik prestasi belajar matematika pada pada pokok bahasan himpunan masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Penggunaan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terintegrasi dengan pendekatan scientific dengan model konvensional memenuhi standar ketuntasan minimal terhadap prestasi belajar matematika (2) Perbedaan antara model pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pendekatan scientific dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika (3) Model pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pendekatan scientific lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 359. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsi random sampling dilanjutkan cluster random sampling. Metode pengumpulan data digunakan dengan teknik dokumentasi dan tes, di mana tes diujicobakan kemudian dianalisis uji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak dan uji t satu pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pendekatan scientific telah memenuhi standar ketuntasan minimal terhadap prestasi belajar matematika. Penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pendekatan scientific memiliki peran penting dalam ketuntasan belajar peserta didik (2) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pendekatan scientific dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini wajar dikarenakan kedua kelompok telah diberi model pembelajaran yang berbeda (3) Model pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pendekatan scientific lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika. Hal itu wajar dikarenakan dengan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pendekatan scientific peserta didik lebih memahami materi yang diajarkan karena mereka dilatih secara konseptual dengan memberi penguatan-penguatan berdasarkan komponen-komponen model pembelajaran ARIAS.
17115000180 | WUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain