Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 19 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Pengaruh, Model Problem Posing tipe Pre Solution Posing, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing berbeda dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori, (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing lebih baik dibanding dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 19 Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 254 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data dengan uji t yaitu uji t dua pihak dan dilanjutkan uji t satu pihak kanan. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori.
17115001060 | PUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain