Skripsi
KOMPARASI KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN METODE RADIANT THINKING (aRTi) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Ketanggungan Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes pada Materi Pokok Kubus dan Balok Tahun Pe
SUSANTO, IRFAN WAHYU. 2015. Komparasi Keefektifan Metode Pembelajaran Example non Example dan Metode Radiant Thinking (aRTi) terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Ketanggungan pada Materi Pokok Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PancaSakti Tegal.
Pembimbing I Munadi, M. Si. ; Pembimbing II Dr. Purwo Susongko, M. Pd.
Kata Kunci : Komparasi, Metode Pembelajaran Example non Example, Metode Radiant Thinking (aRTi), Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode Example non Example dibandingkan metode Radiant Thinking (aRTi) pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Ketanggungan pada Materi Pokok Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara metode Example non Example dan metode Radiant Thinking (aRTi) terhadap prestasi belajar matematika pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Ketanggungan pada Materi Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2014/2015.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Ketanggungan yang terdiri atas 6 kelas Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 192. Sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Terpilih menjadi sampel adalah siswa kelas VIII C dan kelas VIII D sebagai sampel eksperimen 1, siswa kelas VIII E dan kelas VIII F sebagai sampel eksperimen 2, dan kelas VIII A sebagai kelas uji coba. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi yang berbentuk pilihan ganda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi ini digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa dan jumlah siswa seluruh kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Ketanggungan tahun pelajaran 2014/2015. Metode tes untuk memperoleh hasil tes prestasi siswa materi pokok Kubus dan Balok. Teknik analisis data menggunakan uji Anava Satu Arah, dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan metode Example non Example dibandingkan dengan metode Radiant Thinking (aRTi) pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Ketanggungan pada Materi Pokok Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Metode Example non Example lebih baik dibandingkan metode Radiant Thinking (aRTi) terhadap prestasi belajar matematika pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Ketanggungan pada Materi Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2014/2015.
17115000220 | SUS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain