Skripsi
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Kubus dan Balok)
MURNIASIH, DEWI. 2015, Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Square terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Kubus dan Balok). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd
Pembimbing II Prof. Dr. Tri Jaka Kartana, M.Si
Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Square, Minat, Prestasi
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan minat dan prestasi belajar matematika kelas yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Square dengan kelas yang diajar model pembelajaran konvensional. Selain itu untuk membandingkan manakah model pembelajaran yang paling efektif dari Model Pembelajaran Think Pair Square dan model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian adalah siswa SMP Kelas VIII semester II sebanyak 9 kelas jumlah siswa 296. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t, uji manova dan Uji τ^2 – Hotelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa yang diajar model pembelajaran Think Pair Square lebih baik dengan minat siswa yang diajar model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil tes siswa yang diajar model pembelajaran Cooperative Learning Teknik Think Pair Square 72,06 dan model pembelajaran konvensional 57,77. Dari nilai rata-rata terlihat bahwa Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Think Pair Square lebih efektif meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian siswa disarankan mencari model belajar yang sesuai dengankondisi siswa, hal ini dimaksudkan untuk membangun minat pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika. Guru sebagai pendamping siswa dalam kelas harus bisa memilih model pembelajaran yang tepat agar minat dan prestasi siswa dapat ditingkatkan.
17115000120 | MUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain