Skripsi
PENERAPAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK DI KALANGAN REMAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP
Apriliyanto, Fitroh. 2015 “Penerapan Prinsip Kerja Sama dalam Situs Jejaring Sosial Facebook di Kalangan Remaja dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Pembimbing II: Lely Triyana, S.S, M.Pd.
Kata kunci: prinsip kerja sama, situs jejaring sosial facebook, pembelajaran bahasa Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kerja sama dalam situs jejaring sosial fabeook dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber datanya berupa percakapan dalam situs jejaring sosial facebook. Penyediaan data pada penelitian ini menggunakan metode simak atau baca, dan teknik catat. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini dengan metode heuristik. Penyajian hasil analisis data yang digunakan berupa teknik informal yaitu data disajikan dalam deskriptif verbal dengan rumusan kata-kata biasa tanpa lambang-lambang.
Hasil penelitian tentang dialog dalam jejaring sosial facebook terkait dengan penerapan prinsip kerja sama dalam maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim pelaksanaan atau cara. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa kutipan tersebut merupakan bentuk tuturan atau dialog yang terjadi dalam jejaring sosial facebook. Jumlah penerapan prinsip kerja sama sebanyak 48, tuturan pada maksim kuantitas terdapat 13 data maksim kualitas 10 data, maksim relevansi 8 data, dan maksim pelaksanaan atau cara 16 data. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP pada kelas VII semestar dua, materi mengenai dialog interaktif pada tuturan situs jejaring sosial facebook.
Saran yang dapat diajukan pada penelitian ini bagi siswa, sebagai subjek pembelajaran seharusnya secara dini dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang santun sebagai dasar dalam berbahasa. Bagi guru, sebagai pendidik dalam menyampaikan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang santun, sehingga siswa terbiasa mendengar peenggunaan bahasa yang santun. Dari penelitian yang dilakukan, masih banyak hal lain yang belum diteliti oleh penelitian. Dalam penelitian ini hanya penerapan pada prinsip kerja sama yang terdapat dalam jejaring sosial facebook saja yang diteliti. Untuk penelitian lebih lanjut, hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan untuk meneliti tuturan yang ada di jejaring sosial facebook ditinjau dari aspek lain dengan pendekatan yang berbeda.
15115000690 | APR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain