Skripsi
ASPEK SEMIOTIK PADA NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
WISONO, SUHENDRA. 2015. “Aspek Semiotik pada Novel Cinta di dalam Gelas Karya Andrea Hirata dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1: Drs. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II: Lely Triana, S.S., M.Pd..
Kata kunci: aspek semiotik, novel, pembelajaran sastra.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimana aspek semiotik pada novel Cinta di dalam Gelas karya Andrea Hirata; 2) bagaimana implikasi pembelajaran aspek semiotik novel Cinta di dalam Gelas karya Andrea Hirata. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mendeskripsi aspek semiotik yang terdapat pada novel Cinta di dalam Gelas dan 2) mendeskripsi implikasi di SMA.Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dan metode yang digunakan ialah analisis deskriptif, yaitu menganalisis data kemudian mendeskripsikannya secara verbal (non formal). Sumber data pada penelitian ini adalah novel Cinta di dalam Gelas karya Andrea Hirata terbitan tahun 2010, sedangkan wujud datanya berupa kata, frasa dan kutipan-kutipan kalimat yang mengandung aspek semiotik. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat.Teknik analisis data yang dugunakan dalam penelitian ini adalah teknik heuristik dan hemeneutik. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan penyajian analisis data secara informal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua aspek semiotik yang terdapat di dalam novel berdasarkan hubungan antara petanda dengan penanda, yaitu indeks dan ikon. Indeks meliputi (1) penggambaran tokoh; (2) penggambaran latar; (3) penggunaan gaya bahasa; dan (4) gejala-gejala sosial yang berada di luar karya sastra, sedangkan ikon meliputi foto, gambar dan lukisan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya aspek kultural/budaya yang memiliki hubungan sebab akibat dengan beberapa unsur intrinsik tersebut. Berdasarkan hasil penelitian novel Cinta di dalam Gelas dapat diimplikasikan pada pembelajaran sastra di SMA, tetapi hendaknya perlu diperhatikan dalam memberikan materi terhadap peserta didik, terutama materi tentang sastra. Novel ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA karena di dalamnya terdapat nilai moral serta unsur ekstrinsik yang berhubungan dengan realitas sosial.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis sarankan agar para guru memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan bahasa Indonesia. Bagi siswa, penulis sarankan dapat mengambil pelajaran dari sisi dan dari isi keseluruhan novel yang berkaitan dengan aspek semiotik. Bagi peneliti lain, penulis sarankan agar dapat mengembangkan penelitian serupa sesuai dengan bahan penelitian dan objek penelitian.
15115001670 | WIS a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain