Skripsi
NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL ASSALAMUALAIKUM BEIJING KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
MARSILIYANINGRUM, NOVITA. 2015. “Nilai-nilai Religius dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Tri Mulyono, M.Pd. pembimbing II Sutji Muljani, S.S,. M.Hum.
Kata Kunci: Nilai Religius, Novel, Pembelajaran Sastra
Nilai-nilai Religius yang dikaji dalam skripsi ini dibagi menjadi empat, yaitu hubungan antara manusia dengan Tuhan, hubungan antara manusia dengan sesama manusia, hubungan antara manusia dengan dirinya sendiri, dn hubungan manusia dengan lingkungan. Penelitian ini mengkaji nilai-nilai religius dalam novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai religius dalam novel Assalamualaikum Baijing karya Asma Nadia ? (2) Bagaimana implikasi pembelajaran nilai religius novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia di SMA ?
Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan perkembangan ilmu sastra dan dapat menambah pengetahuan mengenai kesusastraan di Indonesia serta dapat bermanfaat untuk memperkaya penggunaan teori-teori sastra secara teknik analisis terhadap karya sastra. Manfaat secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk dapat menciptakan karya sastra yang lebih baik bagi seorang pengarang, dapat memberikan kontribusi kepada para pembaca terutama dalam bidang sastra.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan objektif. Pendekatan objektif merupakan pendekatan yang terpenting sebab pendekatan apa pun yang dilakukan pada dasarnya tertumpu atas karya itu sendiri.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia terdapat 1) nilai-nilai religius 35 kutipan yaitu hubungan manusia dengan tuhan 18 kutipan dengan prosentasi 51,4 %, Hubungan manusia dengan sesama manusia 9 kutipan dengan prosentasi 25, 7% Hubungan manusia dengan diri sendiri 5 kutipan dengan prosentasi 14, 2 % dan Hubungan manusia dengan lingkungan 3 kutipan dengan prosentase 8,7 %. 2) Penulis mengimplikasikan terhadap pembelajaran sastra di SMA, karena mengandung mengandung nilai-nilai religius yang dapat memperbaiki karakter peserta didik.
15115001600 | MAR n C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain