Skripsi
KESALAHAN DIKSI DALAM SURAT-SURAT RESMI DI DINAS PENDIDIKAN KOTA TEGAL DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
FIRDAUS, MUHAMAD. 2015. Kesalahan Diksi dalam Surat-Surat Resmi di Dinas Pendidikan Kota Tegal dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1 : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Pembimbing 2 : Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : diksi, surat dinas, pembelajaran bahasa indonesia
Perumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah kesalahan diksi dalam penulisan surat-surat resmi di Dinas Pendidikan Kota Tegal? (2) Bagaimanakah implikasinya bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan kesalahan diksi dalam penulisan surat-surat resmi di Dinas Pendidikan Kota Tegal (2) Mendiskripsikan implikasinya bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Objek kajian dalam penelitian ini adalah kesalahan diksi. Sumber data penelitian ini berasal darisurat-surat resmi di Dinas Pendidikan Kota Tegal.Metode pengambilan data dengan metode simak dengan teknik catat sebagai kelanjutan. Sedangkan, analisis data dengan menggunakan metode agih.
Berdasarkan hasil analisa data penelitian kesalahan diksi yang telah penulis lakukan pada 15 sampel surat dinas yang keluar atau pun masuk di kantor Dinas Pendidikan Kota Tegal, diperoleh data sebanyak 21 data. Setiap data mempunyai kemunculan kesalahan yang berbeda - beda. Keseluruhan data kesalahan yang terdapat dalam surat dinas yang dikeluarkan oleh kantor Dinas Pendidikan Kota Tegal berjumlah 41 kesalahan diksi. Kesalahan tersebut mencakup kesalahan penggunaan kata bersinonim sejumlah 9 kesalahan, kesalahan penggunaan kata ilmiah / kajian berjumlah 7 kesalahan, kesalahan penggunaan kata asing berjumlah 4 kesalahan, dan kesalahan kelangsungan pilihan kata berjumlah 21 kesalahan.Hasil Persentaseanalisis kesalahan adalah kesalahan Penggunaan Kata Hampir Bersinonim 21,95%, kesalahan Penggunaan Kata Kajian / Ilmiah 17,07%, Penggunaan Kata Asing 9,76%, dan kesalahan Kelangsungan Pilihan Kata 51,22%. Dari hasil analisa kesalahan diksi pada surat dinas lebih didominasi oleh kesalahan penggunaan kelangsungan pilihan kata.
Berdasarkan hasil penelitian penggunaan diksi dalam penulisan surat dinas di Dinas Pendidikan Kota Tegal sudah sesuai dengan pedoman pemilihan kata yang tepat menurut persyaratan penulisan surat dinas. Hasil penelitian ini memiliki implikasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran menulis. Pembelajaran menulis yang dimaksud adalah pembelajaran menulis surat dinas. Siswa dapat mengetahui penggunaan diksi dalam penulisan surat dinas, agar nanti jika siswa membuat surat dinas sesuai dengan kaidah penggunaan dan pemilihan kata yang tepat dan benar.
15115000860 | FIR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain