Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MENULIS DI BUKU CATATAN HARIAN ATAU DIARY DAN KEBIASAAN MENYIMAK LIRIK LAGU POP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
HANGGARENI, DWI RATNA. 2015. Pengaruh Kebiasaan Menulis di Buku Catatan Harian atau Diary dan Kebiasaan Menyimak Lirik Lagu Pop terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Peserta Didik Kelas VII SMP.Skripsi.Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof. Dr. H. Dandan Supratman, M.Pd.; Pembimbing II Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Kata Kunci: Kebiasaan Menulis di Buku Catatan Harian atau Diary, Kebiasaan
Menyimak Lirik Lagu Pop, Kemampuan Menulis Cerita Pendek.
Menulis cerita pendek itu menyenangkan dan memberi kepuasaan tersendiri bagi penulis, karena melalui tulisan yang kita goreskan berarti kita telah berbagi cerita kepada orang lain. Menulis cerita pendek juga banyak manfaatnya. Keterampilan menulis sangat dibutuhkan di dalam kehidupan yang serba modern ini. Komunikasi akan lebih banyak berlangsung secara tertulis. Keterampilan menulis cerita pendek bukanlah semata-mata milik golongan orang yang berbakat menulis saja, melainkan dengan belajar yang sungguh-sungguh keterampilan menulis dapat dimiliki oleh siapa saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meyakinkan pengaruh yang paling kuat antara kebiasaan menulis di buku catatan harian atau diary dan kebiasaan menyimak lirik lagu pop terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada peserta didik kelas VII SMP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada taraf signifikan 5% terdapat perbedaan pengaruh. Kebiasaan menulis di buku catatan harian atau diary lebih rendah pengaruhnya daripada kebiasaan menyimak lirik lagu pop terhadap kemampuan menulis cerita pendek dengan tingkat pengaruhnya sebesar 13,9%. Kemudian diketahui kebiasaan menyimak lirik lagu pop berpengaruh kuat terhadap kemampuan menulis teks berita dengan tingkat pengaruhnya sebesar 27,4%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan menulis di buku catatan harian atau diary dan kebiasaan menyimak lirik lagu pop terhadap kemampuan menulis cerita pendek dengan tingkat pengaruh sebesar 35%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan kebiasaan menulis di buku catatan harian atau diary dan meningkatkan kebiasaan menyimak lirik lagu pop untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. Guru hendaknyamenerapkan kepada peserta didik agar mereka lebih meningkatkan kebiasaan menulis di buku catatan harian atau diary dan kebiasaan menyimak lirik lagu pop sehingga kemampuan peserta didik dalam menulis cerita pendek semakin meningkat.
15115000110 | HAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain