Skripsi
KESINONIMAN VERBA BERAFIKS DALAM SURAT KABAR KOMPAS EDISI JANUARI 2015 DANIMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Romadhon, Maskun. 2015. “Kesinoniman Verba Berafiks dalam Surat Kabar Kompas Edisi Januari 2015 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Pembimbing II : Sutji Muljani, M.Hum.
Kata kunci : sinonim, verbaberafiks, Surat Kabar Kompas, dan pembelajaran bahasa Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis perangkat kata bersinonim verba berafiks dalam Surat Kabar Kompas edisi Januari 2015, (2) Mendeskripsikan makna perangkat kata bersinonim verba berafiks, dan (3) Mendeskripsikan Implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah jenis perangkat kata bersinonim verba berafiks dalam Surat Kabar Kompas edisi Januari 2015, (2) Bagaimanakah makna perangkat kata bersinonim verba berafiks, dan (3) Bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.Sumber data penelitian ini adalah Surat Kabar Kompas.Wujud data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata dan kalimat yang terdapat dalam Surat Kabar Kompas.Teknik Penyediaan data adalah teknik baca dan catat.Penyajiaan hasil analisis penelitian ini menggunakan metode agih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Surat Kabar Kompas ditemukan jenis perangkat kata bersinonim verba berafiks berdasarkan proses pembentukannya, seperti: {meN-}, {di-}, {ter-}, {ke-an}, {se-nya}, {memper}, {memper-i}, {ber-an}, dan makna perangkat kata bersinonim verba berafiks yang ditemukan di Surat Kabar Kompas.
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan adanya implikasi mengenai hasil analisis jenis dan makna perangkat kata bersinonim verba berafiks dalam Surat Kabar Kompas terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi bagi guru dalam menambah materi dalam ketrampilan berbahasa Indonesia, terutama dalam ketrampilan membaca dan menulis.
15115000810 | ROM k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain