Skripsi
PERBEDAAN MUSIKALISASI PUISI LAMA DAN MUSIKALISASI PUISI BARU SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATERI MUSIKALISASI PUISI PADA PEMBELAJARAN SASTA DI SMP
Jaenudin. 2015. “Perbedaan Musikalisasi Puisi Lama dan Musikalisasi Puisi Baru sebagai Alternatif Pembelajaran Materi Musikalisasi Puisi pada Pembelajaran Sastra di SMP”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Sutji Muljani, M. Hum.
Kata kunci: perbedaan puisi lama dan baru, alternatif materi pembelajaran sastra.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah perbedaan unsur intrinsik puisi lama dan puisi baru?, (2) Bagaimanakah perbedaan musikalisasi puisi lama dan musikalisasi puisi baru?. (3) Apakah musikalisasi puisi lama dan musikalisasi puisi baru dapat dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran puisi pada pembelajaran sastra di SMP?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perbedaan unsur intrinsik puisi lama dan puisi baru, (2) Untuk mendeskripsikan perbedaan musikalisasi puisi lama dan musikalisasi puisi baru, (3) Untuk mendeskripsikan musikalisasi puisi dan musikalisasi baru sebagai alternatif materi pembelajaran puisi pada pembelajaran sastra di SMP.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyimak musikalisasi puisi lama dan musikalisasi dan berlanjut pada metode tulis catat.
Selanjutnya, dari hasil tes tersebut, akan diperoleh data yang selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan rumus analisis deskriptif antara kedua jenis puisi yang dimusikalisasikan selain itu juga menjelasakan alternatif pembelajaran materi musikalisasi puisi pada pembelajaran sastra di SMP.
Dengan demikian dapat disimpulkan dari beberapa contoh berupa empat musikalisasi puisi lama dan tiga musikalisasi puisi baru yaitu bahwa perbedaannya terletak pada penekanan irama musik pada musikalisasi puisi dan pembacaan puisi yang dimusikalisasikan sesuai dengan isi tema puisi dan semua itu tidak terlepas dari keinginan para pencipta musikalisasi itu sendiri, sesuai dengan data-data yang telah di teliti maka dapat disimpulkan bahwa musikalisasi puisi dapat digunakan sebagai sarana alternatif pembelajaran materi musikalisasi puisi pada pembelajaran sastra di SMP.
15115000170 | JAE p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain