Skripsi
KEEFEKTIFANLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN2014/2015
ASTUTI. TRI WIDI. 2015. “Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbinga II Dr. Maufur, M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan Belajar
Kedisiplinan belajar sangat pentinga diterapkan pada setiap peserta didik di sekolah, karena kedisiplinan merupakan tolak ukur mampu atau tidaknya peserta didik dalam menaati peraturan yang berkaitan dengan kegiatan belajar. Peserta didik kelas VIII SMP N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal mengalami masalah rendahnya kedisiplinan belajar sehingga perlu dicari solusinya. Adapun solusi yang tepat adalah dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar kelas VIII.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre test and post test group. Penelitian ini menggunakan teknik randomsampling atau pengambilan sampel secara acak dari jumlah populasi 317 peserta didik dengan mengambil 10% yaitu 31 peserta didik. Variabelnya adalah layanan bimbingan kelompok (variabel bebas) dan kedisiplinan belajar (variabel terikat). Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan statistik uji t (t-test).
Berdasarkan hasil perhitungan pada pre-test diperoleh hasil 70,3% dari jumlah sampel 31 peserta didik dengan tingkat ketercapaian terletak pada kriteria sangat rendah atau dibawah rata-rata. Sedangkan pada post-test diperoleh hasil 77,4% dari jumlah sampel 31 peserta didik dengan tingkat ketercapaian terletak pada kriteria sangat tinggi atau diatas rata-rata. Sedangkan berdasarkan perhitungan t test diperoleh nilai thitung = 7,393, kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel = 2,042 yang diperoleh dari df = N-1 = 31-1 = 30 taraf signifikan 5%. Maka thitung > ttabel yaitu 7,393 > 2,042. Maka adanya keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saran bagi sekolah yaitu memberikan kontribusi kepada kepala sekolah sebagai pimpinan dalam pengambilan kebijakan untuk guru bimbingan dan konseling (BK) agar mampu melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan baik dan maksimal sehingga dapat membantu meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik.
11115001570 | AST k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain