Skripsi
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. MUHAMMADIYAH WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SARASWATI, YUNI EKA. 1111500167. 2015. “Efektifitas Layanan Bimbingn Kelompok Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: SARASWATI, YUNI EKA. 1111500167. 2015. “Efektifitas Layanan Bimbingn Kelompok Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: LayananBimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Minat Belajar Peserta Didik
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat minat belajar peserta didik sebelum dan setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok melalui teknik self management pada peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes, dan adakah keefektivan bimbingan kelompok melalui teknik self management terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat minat belajar peserta didik sebelum dan setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok melalui teknik self management pada peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes, dan tujuan yang terakhir adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok melalui teknik self management terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak yang 106 peserta didik dengan sampel berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Alat pengumpulan datanya berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Uji validitas item penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif prosentase dan analisis ujui t test.
Dari hasil anilis data menggunakan deskriptif persentase diperoleh hasil pre-test =33,3% dalam kriteria rendah dan post-test = 42,9% dalam kriteria tinggi. Artinya peningkatan yang terjadi sebanyak 9,6%. Hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung=7,159 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (df) = N-1 = 21-1 = 20, maka ttabel= 2,086. Maka thitung > ttabel = 7,1590 > 2,086, maka Ha diterima. Artinya adalah ada efektivitas bimbingan kelompok melalui teknik self management untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2014/2015.
Saran yang direkomendasikan adalah guru BK agar lebih meningkatkan dalam memberikan layanan pembelajaran di sekolah dan mengkombinasikannya dengan berbagai strategi konseling agar lebih menarik dalam pelaksanaannya, dan dapat membangkitkan minat peserta didik dalam mencapai prestasi yang optimal..
Kata Kunci: LayananBimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Minat Belajar Peserta Didik
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat minat belajar peserta didik sebelum dan setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok melalui teknik self management pada peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes, dan adakah keefektivan bimbingan kelompok melalui teknik self management terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat minat belajar peserta didik sebelum dan setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok melalui teknik self management pada peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes, dan tujuan yang terakhir adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok melalui teknik self management terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak yang 106 peserta didik dengan sampel berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Alat pengumpulan datanya berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Uji validitas item penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif prosentase dan analisis ujui t test.
Dari hasil anilis data menggunakan deskriptif persentase diperoleh hasil pre-test =33,3% dalam kriteria rendah dan post-test = 42,9% dalam kriteria tinggi. Artinya peningkatan yang terjadi sebanyak 9,6%. Hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung=7,159 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (df) = N-1 = 21-1 = 20, maka ttabel= 2,086. Maka thitung > ttabel = 7,1590 > 2,086, maka Ha diterima. Artinya adalah ada efektivitas bimbingan kelompok melalui teknik self management untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2014/2015.
Saran yang direkomendasikan adalah guru BK agar lebih meningkatkan dalam memberikan layanan pembelajaran di sekolah dan mengkombinasikannya dengan berbagai strategi konseling agar lebih menarik dalam pelaksanaannya, dan dapat membangkitkan minat peserta didik dalam mencapai prestasi yang optimal..
11115001670 | SAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain