Skripsi
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK SMK SATYA PRAJA 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Studi Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling pada Kelas XI Akuntansi 1)
PURWATI, DENI. 2015. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Behavioristik SMK Satya Praja 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 (Studi Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi 1). Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Dino Rozano,M. Pd; Pembimbing II Drs. Sukoco KW, M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Behavioristik.
Motivasi belajar merupakan suatu penggerak yang timbul dari kekuatan mental peserta didik untuk mencapai tujuan belajar. Layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik merupakan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui interaksi antar anggota kelompok lainnya. Masalah yang muncul bagaimana layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik dalam peningkatan motivasi pada peserta didik kelas XI Akuntansi 1 SMK Satya Praja 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik dalam peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi atau disebut sebagai study populasi, dengan jumlah populasi sebanyak 10 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala peningkatan motivasi belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Skala telah diuji coba dengan menggunakan uji instrumen validitas product moment dan uji instrumen reliabilitas spearman brown dan hasilnya dapat diketahui 30 item valid, dan 4 item tidak valid, dengan reliabilitas sebesar 0,987. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif komparatif dan deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil skor pre test 50% rendah, 30% sedang, 10% tinggi, 10% sangat tinggi. Hasil post test siklus I 10% rendah, 0% sedang, 70% tinggi, 20% sangat tinggi. Hasil post test siklus II 10% rendah ,0% sedang, 50% tinggi, 40 % sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI akuntansi 1 SMK Satya Praja 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saran bagi sekolah, hendaknya memberikan kebijaksanaan agar layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik lebih dioptimalkan. Bagi guru pembimbing memberikan wawasan agar mampu menguasai berbagai layanan terutama bimbingan kelompok. Bagi peserta didik diharapkan menyadari pentingnya motivasi belajar agar mempunyai semangat kearah yang lebih baik sehingga tercapai presatasi yang optimal.
11115000880 | PUR u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain