Skripsi
EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII MTs. ASY-SYAFI’IYYAH JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
WINARNI, DIAH. 2015. “Efektifitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing dalam Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, M.M.
Kata Kunci: Bimbingan kelompok, teknik role playing, kepercayaan diri
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kondisi perilaku peserta didik yang menunjukkan adanya rasa kurang percaya diri dalam kehidupan. Peserta didik tersebut kelihatan pendiam, pemalu, lebih menunjukkan kesendiriannya di dalam kelas. Dalam hal proses pembelajaran, jika disuruh maju kedepan kelas peserta didik cenderung tidak mau, lebih memilih duduk diam dan saling tunjuk sesama teman. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok melalui teknik role playing peserta didik dan tingkat kepercayaan diri sebelum dan setelah pelaksanaan bimbingan kelompok melalui teknik role playing peserta didik, serta untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing efektif dalam upaya meningkatkan rasa kepercayaan diri peserta didik kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes.
Populasi penelitian berjumlah 286 peserta didik, dengan sampel 30 peserta didik. Teknik sampling digunakan random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok melalui teknik role playing sedangkan variabel terikatnya adalah kepercayaan diri. Alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas item penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus Sperman Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis korelasi product moment.
Hasil analisis deskriptif pre-test diketahui kepercayaan diri peserta didik sebelum bimbingan kelompok melalui teknik role playing dalam kategori kurang (36,67%) pada interval 73-77 dan analisis deskriptif post-test diketahui kepercayaan diri peserta didik setelah bimbingan kelompok melalui teknik role playing dalam kategori tinggi (40,00%) pada interval 88-90. Dari data tersebut diperoleh thitung sebesar 5,807 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) 30-1 = 29, dan pada taraf signifikansi 5% didapat ttabel sebesar 2,042 yang berarti thitung lebih besar dari ttabel (5,807 > 2,042). Maka hipotesis nihil (Ho) di tolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok melalui teknik role playing efektif dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan atau lebih mengoptimalkan bimbingan kelompok melalui teknik role playing dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, dan pihak sekolah dapat menerapkan teknik role playing dalam layanan bimbingan dan konseling.
11115001780 | WIN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain