Skripsi
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA LAB. SCHOOL PANCASAKTI TEGAL KELAS XI IPS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
AZAM, ABDULLAH. 1111500001. 2015. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managementuntuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas SMA Lab. School Pancasakti Tegal kelas XI IPS Tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi Bimbingan dan Konseling. Pembimbing I Dr. Maufur, M. Pd. Pembimbing II Drs. Sukoco KW, M. Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal
Kata kunci : Self Managementdan motivasi belajar.
Masalah yang dihadapi peserta didik kelas XI IPS adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik sel management di kelas tersebut, kurangnya motivasi belajar yang dialami oleh peserta didik, dan ada tidaknya pegaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas tersebut. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah agar dapat mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managementdi kelas tersebut, untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas tersebut, dan mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap meningkatnya motivasi belajar peserta didik.
Populasi penelitian sebanyak 26 peserta didik, Sehingga semua yang ada merupakan studi populasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Dari skripsi ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management tergolong dalam kriteria rendah, dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik self mangement motivasi belajar peserta didik meningkat sebanyak 27% berada dalam kategori tinggi, dari hasil pre-tes dan pos-tes di peroleh hasil perhitungan analisis t-tes yaitu 8,011 dengan taraf 5% dan derajat kebebasan N-1= 26-1= 25, maka didapat ttabel =2,787. Dengan demikian thitung (8,011) lebih besar dari ttabel (2,787). Jadi dari hasil perhitungan t-test ini, dapat dinyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self mangement dapat meningkatkan 27% motivasi belajar peserta didik.
Disarankan pada peserta didik untuk mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik self mangement secara aktif, untuk meningkatkan motivasi belajar, kepada pihak sekolah dan guru, hendaknya dapat lebih memperhatikan dan memenuhi kebutuhan peserta didik untuk belajar di sekolah agar peserta didik lebih berprestasi.
11115000010 | AZA l C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain