Skripsi
PERAN KONSELING BEHAVIORISTIK TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI AKIBAT KORBAN BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SUKMAWATI, RINA. 1111500139. 2015. Peran Konseling Behavioristik Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Akibat Korban Bullying Pada Peserta Didik Kelas XI SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Drs. Sukoco KW. M.Pd ; Pembimbing II: Dr. Dino Rozano. M.Pd
Kata Kunci: Layanan Konseling Behavioristik, Rasa Percaya Diri
Layanan konseling behavioristik mempunyai pengaruh dalam peningkatan rasa percaya diri peserta didik. Permasalahan utamanya adalah bagaimanakah peran konseling behavioristik terhadap peningkatan rasa percaya diri akibat korban bullying pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang? Tujuanya adalah untuk mengetahui peran konseling behavioristik terhadap peningkatan rasa percaya diri akibat korban bullying pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang
Populasi yang telah ditetapkan berjumlah 36 peserta didik yang memiliki karakteristik yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala sikap, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus Korelasi Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis Uji-t.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan Pre-Exsperimental Desaign. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI sejumlah dengan sample berjumlah 36 peserta didik yang memiliki percaya diri rendah yang ditetapkan dengan teknik Non Random Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam metode ini dengan menggunakan skala sikap, wawancara, dokumentasi, dan dokumentasi. Uji validitas dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis deskritif persentase dan uji t-test.
Dari hasil analisis data menggunakan deskritif persentase diperoleh hasil pre test = 38,89% atau kriteria rendah dan post test = 44,44% atau kriteria tinggi. Artinya peningkatan yang terjadi sebanyak 5,55%. Hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung = 8,222 nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 36-1 = 35 diperoleh ttabel = 2,0301. Maka thitung (8,222 ) > ttabel (2,0301) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga dapat diambil simpulan bahwa Terdapat peran konseling behavioristik terhadap peningkatan rasa percaya diri akibat korban bullying pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Disarankan bagi pihak sekolah untuk lebih meningkatkan layanan konseling behavioristik untuk membantu peserta didik yang mengalami permasalahan terutama tentang rasa percaya diri. Peningkatan rasa percaya diri pada peserta didik melalui peran serta dari semua pihak.
11115001390 | SUK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain