Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE COOPERATAIVE INTERGRATEDREADING AND COMPOSITON (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 11 TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015
KHASANAH, RAULAIN. 2015. “Keefektifan Metode Cooperative Intergrated Reading And Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Tegal Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum., Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci: Metode CIRC, keterampilan menulis, paragraf narasi.
Penelitian ini membahas kemampuan menulis paragraf narasi dan keefektifan metode CIRC. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf narasi serta mendeskripsikan keefektifan metode CIRC pada pembelajaran menulis paragraf narasi.
Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tegal Tahun Ajaran 2014/2015. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes menulis siswa. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai pretes dan postes pada kelas eksperimen diperoleh t hitung 34.01 dan rata-rata hasil pretes dan postes pada kelas kontrol diperoleh hasil 22,20 dengan t tabel 1,70.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa yang diajar dengan metode CIRC dalam pembelajaran menulis paragraf narasi lebih baik. (2) Penggunaan metode CIRC dalam pembelajaran menulis paragraf narasi lebih efektif. (3) Pembelajaran menulis paragraf narasi dengan metode CIRC dapat mengatasi kurangnya minat siswa dalam menulis paragraf narasi.
Hasil penelitian ini belum mampu menjawab permasalahan pembelajaran secara tuntas. Masih banyak permasalahan keefektifan metode CIRC pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tegal belum bisa digeneralisasikan pada semua SMP. Oleh sebab itu, penelitian untuk menguji keefektifan metode CIRC dalam pembelajaran menulis paragraf narasi ini perlu diteliti dengan populasi yang lebih luas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan guru agar menggunakan metode CIRC dalam pembelajaran menulis paragraf narasi dan kepada peniliti yang lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
15115000270 | KHA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain