Skripsi
NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SETETES EMBUN UNTUKMU KARYA RIRI ANSAR DAN ADI RUSTANDI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Baeti Riska, Elani. 2015. “Nilai Pendidikan dalam Novel Setetes Embun Untukmu Karya Riri Ansar dan Adi Rustandi dan Implikasinya dalam pembelajaran di SMA”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.Pembimbing 1 Drs. Tri Mulyono, M.Pd., Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan, novel, Implikasi Pembelajaran.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah ; 1) Bagaimana nilai pendidikan dalam novel Setetes Embun Untukmu karya Riri Ansar dan Adi Rustandi; 2) Bagaimana Implikasi pembelajaran nilai pendidikan dalam novel Setetes EmbunUntukmu karya Riri Ansar dan Adi Rustandi dalam pembelajaran di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) mendeskripsikan nilai pendidikan dalam novel Setetes Embun Untukmu karya Riri Ansar dan Adi Rustandi dalam pembelajaran di SMA. Mendeskripsi implikasi pembelajaran nilai pendidikan dalam novel Setetes EmbunUntukmu Karya Riri Ansar dan Adi Rustandi di SMA.
Sumber data penelitian ini adalah novel Setetes Embun Untukmu karya Riri Ansar dan Adi Rustandi. Nilai pendidikan yang akan dianalisis meliputi nilai pendidikan Religius atau Agama, nilai pendidikan sosial atau kemasyarakatan, nilai pendidikan moral, dan nilai pendidikan budaya. Teknik analisis data dalam peneliti ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, teknik pustakaan, dan teknik baca, simak, dan catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap novel Setetes Embun Untukmu karya Riri Ansar dan Adi Rustandi terdapat empat wujud nilai pendidikan yaitu, nilaipendidikanreligiusatau agama, nilaipendidikansosialataumasyarakat, nilaipendidikan moral, dannilaipendidikanbudayadaridua puluh lima kutipan,terdapatnilai pendidikan religius atau agamasebanyak44%, nilai pendidikan sosial atau kemasyarakatansebanyak 16%, nilai pendidikan moralsebanyak28%, dan nilai pendidikan budayasebanyak 12%.
15115001450 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain