Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN AJARAN 2014/2015
WARDANI, RISKA ANGGI KUSUMA. 2015. “Keefektifan Model Concept Sentence dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II Sutji Muljani, M. Hum.
Kata Kunci : model concept sentence, menulis paragraf eksposisi;
Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimanakah pembelajaran menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Brebes tahun ajaran 2014/2015? (2) Apakah model concept sentence efektif dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Brebes tahun ajaran 2014/2015? (3) Bagaimanakah perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model concept sentence? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pembelajaran menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Brebes tahun ajaran 2014/2015, (2) Mendeskripsikan model concept sentence efektif dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Brebes tahun ajaran 2014/2015, (3) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model concept sentence.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Brebes. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa, yang dijadikan kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Kelas eksperimen dan kelas konrtol diberi tes tahap awal (pretest), kemudian diuji dengan tes akhir (postest). Teknik analisis data menggunakan uji t non-independen dan uji t independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf eksposisi dengan model concept sentence kelompok eksperimen adalah 79, sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf eksposisi kelompok kelas kontrol adalah 71. (2) Hasil perhitungan nilai pretest dan postest pada kelas ekperimen, yaitu 9,20 dan pada kelas kontrol, yaitu 7,76. Sedangkan, hasil perbandingan antara nilai postest kelas eksperimen dengan nilai postest kelas kontrol menunjukkan t hitung = 5,19 > t tabel df 58 1,67. Artinya, terdapat pengaruh signifikan dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan model concept sentence.
Simpulannya, menulis paragraf eksposisi dengan model concept sentence lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model concept sentence.
15115000310 | WAR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain