Skripsi
PESAN DAN MAKNA IKLAN ROKOK DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP
Rosiyanti, Septika Ovilia, 2015. “Pesan dan Makna Iklan Rokok di Televisi dan Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Pembimbing II Drs. Tri Mulyono, M.Pd. Asisten Pembimbing II Afsun Aulia Nirmala, M.Pd.
Kata kunci : makna, pesan, iklan, semiotik, hipersemiotik,
Penelitian ini membahas pesan dan makna iklan rokok di televisi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi pesan yang terdapat dalam iklan rokok di televisi, (2) mendeskripsi makna yang terdapat dalam iklan rokok di televisi, (3) mendeskripsi implikasi penelitian ini bagi pembelajaran bahasa indonesia di SMP.
Iklan merupakan sarana untuk memasarkan produk, baik barang maupun jasa. Tujuan iklan adalah mempengaruhi audien, sehingga iklan harus tampil menarik dan persuasif. Perkembangan iklan menunjukkan adanya kecenderungan bahwa iklan lebih didominasi oleh tampilan nonverbal (hal-hal di luar bahasa) daripada tampilan secara verbal. Tanda nonverbal yang ditampilkan terkadang tidak memiliki hubungan pemaknaan sama sekali, bahkan terkadang mencerminkan pemaknaan di luar realitas produk yang ditawarkan. Realitas ini menunjukan bahwa iklan merupakan wacana yang sangat menarik untuk dikaji, terutama terkait dengan pesan dan makna yang ingin disampaikan melalui eksploitasi unsur nonverbalnya.
Untuk mengungkap pesan dan makna iklan di dalam unsur nonverbal, diperlukan pendekatan semiotik. Adapun untuk mengungkap pesan dan makna di luar realitas digunakan pendekatan hipersemiotik. Berdasarkan kajian itu diperoleh hasil bahwa pesan dan makna yang ditampilkan melalui unsur nonverbal mampu membentuk iklan menjadi lebih persuasif, menarik, dan mudah diingat oleh konsumen.
Hasil penelitian ini juga juga diaplikasikan terhadap pembelajaran di SMP karena pembahasan tentang pesan dan makna iklan rokok ini dapat dijadikan bahan materi pembelajaran pada kelas yang terintegrasi pada aspek mendengarkan. Sehingga dapat diharapkan siswa mampu meningkatkan prestasi dan pemahaman tentang pesan dan makna pada iklan.
15115001070 | ROS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain