Skripsi
REALISASI STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DI TERMINAL KOTA TEGAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA DI SMA
MAULIDA, KHIKMAH NUR. 2015. “Realisasi Strategi Kesantunan Berbahasa di Terminal Kota Tegal dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1:Drs. Bowo Hermaji, M.Pd., Pembimbing II: Lely Triana, S.S., M.Pd.
Kata kunci: strategi, kesantunan, implikasi, pembelajaran bahasa Indonesia.
Rumusan masalah ini bagaimana strategi kesantunan berbahasa antara calo dan sopir di terminal Tegal dan bagaimana implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi kesantunan berbahasa di terminal Kota Tegal dan mendeskripsikan hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah strategi kesantunan berbahasa di terminal Kota Tegal. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan antara calo dan sopir di terminal Kota Tegal. Wujud data dalam penelitian ini adalah berupa tuturan-tuturan antara calo dan sopir di terminal Kota Tegal. Penyediaan data ini menggunakan metode simak bebas libat cakap. Analisis data ini menggunakan metode heuristik. Penyajian hasil analisis data ini berupa deskripsi tentang kesantunan berbahasa di terminal Kota Tegal.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi kesantunan para calo dan sopir meliputi pembatas atau pagar, gunakan rasa pesimisme, minimalkan paksaan, berikan penghormatan, mintalah maaf sebelumnya, gunakan bentuk impersonal dan ujarkan tuturan sebagai ketentuan yang bersifat umum, dan bukan khusus. Implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia yaitu salah satu proses pembelajaran yang sangat penting di sekolah, khususnya dalam ilmu kebahasaan. Berdasarkan penggunaan bahasa dalam tuturan di lingkungan terminal Kota Tegal, siswa dapat memahami berbagai pilihan kata yang sesuai dengan konteksnya.
Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA pada kelas X Semester II. Kompetensi dasarnya yaitu menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung. Materi Pembelajarannya yaitu rekaman informasi atau teks yang dibacakan 1) pokok-pokok isi, 2) informasi, 3) simpulan informasi.
15115000930 | MAU r C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain