Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA KORAN RUBIK BERITA DAN KEMAMPUAN BERCERITA PENGALAMAN PRIBADI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA
BAHRI, MOH. SYAEFUL. 2015. Pengaruh Kebiasaan Membaca Koran Rubrik Berita dan Kemampuan Bercerita Pengalaman Pribadi terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif pada Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof. Dr. H. Dandan Supratman, M.Pd.; Pembimbing II Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Kata Kunci: Kebiasaan Membaca Koran Rubrik Berita, Kemampuan Bercerita Pengalaman Pribadi, Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meyakinkan pengaruh yang paling kuat antara kebiasaan membaca koran rubrik berita dan kemampuan bercerita pengalaman pribadi terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif pada peserta didik kelas X SMA.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA, yaitu sebanyak 500 orang yang diambil dari dua sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 peserta didik dari dua sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, peformen, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan bercerita pengalaman pribadi lebih rendah pengaruhnya daripada kebiasaan membaca koran rubrik berita terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif dengan tingkat pengaruhnya sebesar 12,6%. Kemudian diketahui kebiasaan membaca koran rubrik berita berpengaruh lebih kuat terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif dengan tingkat pengaruhnya sebesar 14,6%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan membaca koran rubrik berita dan kemampuan bercerita pengalaman pribadi terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif dengan tingkat pengaruh sebesar 14%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan kebiasaan membaca koran rubrik berita dan meningkatkan kemampuan bercerita pengalaman pribadi untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif. Guru hendaknya menerapkan kepada peserta didik agar mereka lebih meningkatkan kebiasaan membaca koran rubrik berita dan kemampuan bercerita pengalaman pribadi peserta didik, sehingga kemampuan dalam menulis karangan deskriptif semakin meningkat.
15115001570 | BAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain