Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN DIALOG DI TELEVISI DAN KEMAMPUAN BERGAUL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Kata Kunci: Kebiasaan Menyimak Tayangan Dialog di Televisi, Kemampuan Bergaul, Kemampuan Menulis Teks Pidato.
Salah satu indikator pencapaian hasil belajar yang harus dicapai siswa dalam keterampilan berbahasa antara lain menulis teks pidato. Dalam proses pembelajaran siswa perlu didukung kemampuan berfikir dan menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meyakinkan pengaruh yang paling kuat antara kebiasaan menyimak tayangan dialog di televisi dan kemampuan bergaul terhadap kemampuan menulis teks pidato pada peserta didik kelas X SMA.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA, yaitu sebanyak 437 orang yang diambil dari dua sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 peserta didik dari dua sekolah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kebiasaan menyimak tayangan dialog di televisi lebih rendah pengaruhnya daripada kemampuan bergaul terhadap kemampuan menulis pidato dengan tingkat pengaruhnya sebesar 20,6%. Kemudian diketahui kemampuan bergaul berpengaruh kuat terhadap kemampuan menulis teks pidato dengan tingkat pengaruhnya sebesar 21,7%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan menyimak tayangan dialog di televisi dan kemampuan bergaul terhadap kemampuan menulis teks pidato dengan tingkat pengaruh sebesar 27%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan kebiasaan menyimak tayangan dialog di televisi dan kemamampuan bergaul untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato. Guru hendaknya menerapkan kepada peserta didik agar mereka lebih meningkatkan kebiasaan menyimak tayangan dialog di televisi dan kemampuan bergaul sehingga kemampuan peserta didik dalam menulis teks pidato semakin meningkat.
15115000920 | TRI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain