Skripsi
KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN PESBUKERS DAN KEBIASAAN MEMBACA SURAT KABARTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
Kata Kunci : Kebiasaan menyimak tayangan pesbukers, kebiasaan membaca surat kabar,kemampuan menulis pantun.
Keterampilan menulis pantun akan mengasah kemampuan peserta didik untuk berfikir kreatif. Kreatifitas peserta didik dapat dituangkan melalui menulis pantun.Untuk dapat menulis pantun dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Penelitian yang peneliti lakukan dibatasi pada faktor pengaruh kebiasaan yang mempengaruhi kemampuan menulis pantun. Masalah dalam penelitian ini yaitu manakah yang lebih mempengaruhi antara kebiasaan menyimak tayangan pesbukers ataukah kebiasaan membaca surat kabar terhadap kemampuan menulis pantun peserta didik?
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik pada peserta didik kelas VII SMP Se-Indonesia, dilihat dari faktor kebiasaan menyimak tayangan pesbukes dan kebiasaan membaca surat kabar. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 50 data kemampuan menulis pantun yang diambil secara acak dari dua sekolah. Sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan linier ganda, sebelumnya data di uji dengan uji normalitas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebiasaan menyimak tayangan pesbukers tingkat pengaruhnya sebesar 12,6%,berpengaruh lebih kuat dari kebiasaan membaca surat kabar dengan tingkat pengaruhnya sebesar 10,8%. terhadap kemampuan menulis pantun peserta didik.Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan menyimak tayangan pesbukers an kebiasaan membaca surat kabar terhadap tingkat kemampuan menulis pantun dengan tingakt pengaruh sebesar 20%.
15115000970 | CHI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain