Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN KARIR BERPENDEKATAN TRAIT AND FACTOR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI PADA PESERTA DIDIK SMA N 1 BANTAR BOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Studi PTBK Pada Peserta didik Kelas XI)
EKO HARDIYANTO. NPM. 1111500093. Judul Skripsi “Pengaruh Bimbingan Karir Berpendekatan Trait And Factor Terhadap Minat Melanjutkan Studi Pada Peserta Didik SMA N 1 Bantar Bolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 (Studi Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling Pada Peserta didik Kelas XI)”. Pembimbing I : Dr. Dino Rozano, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci : Bimbingan karir berpendekatan trait and factor dan minat melanjutkan studi
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan bimbingan karir di sekolah pada peserta didik, Bagaimana Minat Melanjutkan Studi pada peserta didik, Bagaimanakan pengaruh layanan bimbingan karier berpendekatan Traits and factors terhadap minat melanjutkan studi pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Bantar Bolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karir berpendekatan pada peserta didik, untuk mengetahui Minat Melanjutkan Studi pada peserta didik, dan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan karier berpendekatan Traits and factors terhadap minat melanjutkan studi pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Bantar Bolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Bantarbolang Tahun 2014/2015 yang berjumlah 200 peserta didik, adapun sampel sejumlah 46 peserta didik. Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah teknik Cluster Quota Random Sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah bimbingan karir berpendekatan trait and factor (variabel bebas) dan minat melanjutkan studi (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi, interview, instrument, observasi dan dokumentasi. Uji dalam penelitian ini menggunakan rumus deskriptif prosentase.
Berdasarkan hasil analisis bahwa pada siklus II, persentase tuntas belajar klasikal peserta didik mencapai 78,58%. Itu berarti, layanan bimbingan karir berpendekatan trait and factor meningkat dari siklus I. Peningkatan dari mulai kondisi awal, siklus I, dan siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan trait and factor berhasil meningkatkan minat melanjutkan studi peserta didik terutama pada model pembelajaran trait and factor. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah bimbingan karir berpendekatan trait and factor pada peserta didik dapat meningkatkan aktivitas serta semangat peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, implementasi pendekatan trait and factor dapat meningkatkan aktifitas peserta didik kelas XI terhadap layanan bimbingan karir. rata-rata nilai peserta didik baru mencapai 45,42 meningkat menjadi 73,91 pada siklus I dan siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 97,82.
11115000930 | EKO p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain