Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR TERAPI (REBT) TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU NON-ADAPTIF PESERTA DIDIKKELAS VIII DI SMPNEGERI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN2014/2015
Lutfi, Sofyan. 2015. Efektifitas Layanan Konseling Rasional Emotif Behavior Terapi (REBT) terhadap Pengurangan Perilaku Non-adaptif Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS. MM.
Pembimbing II Dr. Dino Rozano, M.Pd
Kata Kunci : Konseling Rasional Emotif Behavior Terapi (REBT), perilaku non-adaptif
Penelitian ini membahas bagaimana mengurangi perilaku non-adaptif pada peserta didik melalui konseling REBT yang dilakukan secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui efektifitas layanan konseling REBT terhadap perilaku non-adaptif.
Populasi penelitian adalah peserta didik yang berperilaku non-adaptif kelas VIII berjumlah 7 peserta didik di SMP N 1 Taman Kabupaten Pemalang. Alat pengumpul data berupa angket, observasi, interview dan dokumentasi. Ujivaliditas item pearson product moment, uji reliabilitas dengan rumus Spearman brown, teknik analisis data dengan menggunakan rumus uji t (t-test).
Hasil penelitian menunjukan : hasil perolehan nilai pre-test pada layanan konseling REBT, yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 3 peserta didik (42,857 %). Setelah diberikan treatment hasil perolehan post-test yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 1 peserta didik (14,284%). Dari perolehan peserta didik di atas, sebelum diberikan layanan konseling REBT berperilaku non-adaptif peserta didik tinggi kemudian setelah diberikan layanan REBT perilaku non-adaptif menjadi rendah. Ada penurunan pada peserta didik berperilaku non-adaptif setelah diberikannya layanan konseling REBT. Hasil analisis perhitungan t-test sebesar 5,125, derajat kebebasan 20 dengan taraf signifikan 1% = 3,499 dengan demikian thitung > ttabel atau 5,125 > 3,499, berada pada daerah penolakan Ho dan Ha diterima ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan perilaku non-adaptif setelah mengikuti layanan konseling REBT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling REBT efektif sebagai upaya mengurangi perilaku non-adaptif peserta didik. Hendaknya guru pembimbing lebih banyak merencanakan pemberian layanan konseling REBT untuk mengurangi perilaku non-adaptif peserta didik dan memotivasi peserta didik agar dapat memanfaatkan layanan konseling REBT secara tepat.
11115000530 | SOF e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain