Skripsi
PENGARUH KESADARAN BELAJAR MELALUI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PESERTADIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 TEGALTAHUN PELAJARAN 2014/2015
ADE SETIAWAN. NPM. 1110500002. Judul Skripsi “Pengaruh Kesadaran Belajar Melalui Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Peserta DidikKelas XI SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Pembimbing I : Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II :Dr. Dino Rozano,M.Pd. Kata Kunci : Kesadaran Belajar Melalui Bimbingan Belajar dan Prestasi belajar Permasalahan dalam penelitian ini adalah Banyak peserta didik yang masih memiliki Kesadaran Belajar yang rendah, bagaimana Prestasi belajar peserta didik, Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran belajar melalui bimbingan belajar pada peserta didik, prestasi belajar pada peserta didik, dan untuk mengetahui pengaruh kesadaran belajar melalui bimbingan belajar terhadap prestasi belajar pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Kota TegalTahun 2014/2015yang berjumlah 276 peserta didik, adapun sampel sejumlah 40 peserta didik. Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah teknik Purposive Random Sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rxy = 0,921. hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 40 taraf signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0.921>0.312. yang berarti Ada pengaruh yang signifikan Kesadaran Belajar Melalui Bimbingan Konseling terhadap Prestasi belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang diajukan ialah hendaknya Kepala Sekolah ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru BK supaya memberikan bimbingan secara periodik. Bagi peserta didik bahwa Ada Kesadaran belajar Melalui Bimbingan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar, maka perlu ditingkatkan mutu prestasi belajar.
11105000020 | ADE p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain