Skripsi
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BERSERTIFIKASI TERHADAP IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING JENJANG SMP NEGERI KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015
MULYANINGSIH, AMBAR.2015. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Bersertifikasi Terhadap Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling Jenjang SMP Negeri Kota Tegal Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universiitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Pembimbing II Dr. Dino Rozano, M.Pd.
Kata Kunci : Guru Bimbingan dan Konseling Bersertifikasi, Layanan Bimbingan dan Konseling Guru bimbingan dan konseling bersertifikasi adalah guru bimbingan dan konseling yang sudah bersertifikat pendidik. Layanan bimbingan dan konseling adalah layanan yang diberikan kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Masalah yang muncul bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling bersertifikasi terhadap implementasi layanan bimbingan dan konseling jenjang SMP Negeri di Kota Tegal Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peranan guru bimbingan dan konseling terhadap implementasi layanan bimbingan dan konseling, populasi sebanyak 20 guru bimbingan dan konseling bersertifikasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh jumlah populasi yaitu 10 guru bimbingan dan konseling bersertifikasi sebagai sampel penelitian. Variabelnya adalah Peran guru bimbingan dan konseling bersertifikasi (X) dan implementasi layanan bimbingan dan konseling (Y). Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket, observasi, dan dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif presentase dan analisis korelasi product moment . Berdasarkan hasil penelitian peranan guru bimbingan dan konseling bersertifikasi di SMP Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 mencapai hasil 40% dalam kategori cukup dan tingkat implementasi layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 mencapai hasil 50% dalam kategori cukup, berdasarkan hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy sebesar 0,897, kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan n=10 dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai rtabel = 0,897. Kerena rhitung = 0,897 > rtabel = 0,632, berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Hk) diterima yang artinya “Terdapat peran positif dan signifikan guru bimbingan dan konseling bersertifikasi terhadap implementasi layanan bimbingan jenjang SMP Negeri Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015”. Saran bagi pihak sekolah Dapat dijadikan acuan atau pedoman baru untuk memberikan masukan bagi kepala sekolah agar dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran bimbingan dan konseling perlu diberikan layanan – layanan yang ada dan sesuai dengan permasalahan yang muncul, bagi guru pembimbing dalam mengembangkan dan mengoptimalkan disiplin ilmu di bidang bimbingan dan konseling dalam menerapkan layanan bimbingan dan konseling.
11115001730 | AMB p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain