Skripsi
HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP PENINGKATAN RASA TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
RISTIANINGSIH, RINA. 2015. “Hubungan Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Melalui Pendekatan Behavioristik Terhadap Peningkatan Rasa Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015Skripsi. Pendidikan Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd Pembimbing II.Dra. Sri Sumarsih M.Pd
Kata kunci : Bimbingan Pribadi Sosial, Pendekatan Behavioristik, dan Rasa Tanggung jawab Belajar.
Tujuan penelitian ini; (1) untuk mendapatkan gambaran tentang rasa tanggung jawab belajar; (2) mengetahui layanan bimbingan pribadi sosial pendekatan behavioristik; dan (3) mengetahui hubungan layanan bimbingan pribadi sosial dengan pendekatan behavioristik terhadap peningkatan rasa tanggung jawab belajar peserta didik kelas X MAN Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 336.Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling 20% dari jumlah populasi yang berjumlah 51 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner angket. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Layanan Bimbingan melalui Pendekatan Behavioristik dengan Peningkatan Rasa Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Kelas X MAN Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Dari hasil analisis data diperoleh r hitung 0,624 dikonsultasikan dengan r tabel 0,288 dengan harga r pada taraf signifikansi 95 % (α = 5%). Dengan demikian r hitung > r tabel. Interpretasinya H0 = Tidak terdapat Hubungan Positif yang signifikan antara Layanan Bimbingan Melalui Pendekatan Behavioristik dengan Peningkatan Rasa Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik kelas X MAN Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 ditolak. Sedangkan Ha = terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Layanan Bimbingan melalui pendekatan Behavioristik dengan Peningkatan Rasa Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Kelas X MAN Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada para peserta didik untuk memanfaatkan dengan baik layanan bimbingan melalui pendekatan Behavioristik untuk meningkatkan rasa tanggung jawab belajarnya. Pihak sekolah MAN Pemalang disarankan untuk mengoptimalkan program layanan bimbingan dengan peserta didik di masa mendatang.
11115002140 | RIN h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain