Skripsi
PENGARUH, HARGA DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BLACKBERRY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Istikomah. Pengaruh, Harga dan Desain Produk Terhadap Kepuasan Pengguna Blackberry Pada Mahasiswa Universitas Paancasakti Tegal”. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2014.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan harga dengan kepuasan pengguna blackberry, untuk menganalisis hubungan desain produk dengan kepuasan pengguna blackberry, dan untuk menganalisis hubungan harga, dan desain produk dengan kepuasan pengguna blackberry.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi korelasi, analisis korelasi berganda, uji signifikansi korelasi berganda, dan analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman harga dengan Kepuasan pengguna diperoleh nilai rs sebesar 0,841. Maka artinya hubungan harga dengan Kepuasan pengguna tergolong sangat kuat. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 14,75 dan bertanda positif dengan demikian thitung (14,75) ≥ ttabel (1,98), yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap kepuasan pengguna blackberry. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman desain produk dengan Kepuasan pengguna diperoleh nilai rs sebesar 0,768. maka artinya hubungan desain produk dengan Kepuasan pengguna tergolong kuat. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 11,38 dan bertanda positif dengan demikian thitung (11,38) ≥ ttabel (1,98), yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan desain produk terhadap kepuasan pengguna blackberry. Dari hasil perhitungan korelasi berganda diperoleh hasil R = 0,859, yang artinya hubungan harga dan desain produk dengan kepuasan pengguna tergolong sangat kuat. Dari hasil perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi berganda didapat harga Fhitung sebesar 123, harga tersebut selanjutnya dibandingkan dengan Ftabel dengan dk pembilang = (k) dan dk penyebut = (n-k-1), jadi dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 89 dengan taraf kesalahan 5%, maka nilai Ftabel sebesar 3,10, ternyata harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (123 > 3,10). Karena Fhitung > Ftabel yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara harga dan desain produk secara bersama-sama dengan kepuasan pengguna. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi kontribusi yang diberikan harga (X1) dan desain produk (X2) dengan kepuasan pengguna (Y) memperoleh nilai sebesar 73,6 %. artinya bahwa 73,6 % variasi dari variabel kepuasan pengguna disekitar rata-ratanya dijelaskan oleh hubungan antara harga (X1), dan desain produk (X2) dengan kepuasan pengguna, sedangkan yang 26,4 % tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini
Kata Kunci : Harga, Desain Produk, Kepuasan Pengguna
41115001350 | IST p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain