Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEJUJURAN MELALUI KANTIN SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Rolia, Yuniar TriKardiana. 1111500066. 2015. Efektivitas Layanan Konseling Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kejujuran Melalui Kantin Sekolah Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, MM. Pmbimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci : Layanan Konseling Teknik Self-Management, Kejujuran Melalui Kantin Sekolah
Kejujuran melalui kantin sekolah cenderung menjadi persoalan yang serius dikalangan pendidikan. Tugas guru bimbingan konseling adalah membantu peserta didik dalam mengelola diri baik pikiran, perasaan, dan perbuatan yang mendorong pada penghindaran terhadap hal-hal yang tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Tingkat kejujuran sebelum pemberian layanan konseling teknik self-management, 2) Tingkat kejujuran sesudah pemberian layanan konseling teknik self-management, 3) Layanan konseling teknik self-management efektif untuk meningkatkan kejujuran melalui kantin sekolah. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen, desain penelitian one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 65 peserta didik. Teknik sampling menggunakan teknik proposive sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 13 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini ialah layanan konseling teknik self-management sebagai variabel bebas dan kejujuran melalui kantin sekolah sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan menggunakan uji validitas korelasi pearson product moment dan uji reliabilitas spearman brown. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji T-test. Tingkat kejujuran sebelum dilakukan layanan konseling teknik self-management dikategorikan rendah dengan interval 113-116 persentase 38,4% sebanyak 5 peserta didik. Tingkat kejujuran setelah dilakukan layanan konseling teknik self-management dikategorikan tinggi dengan nilai interval 131-134 persentase 38,4% sebanyak 5 peserta didik. Hasil analisis deskriptif berdasarkan perhitungan uji hipotesis, diperoleh hasil thitung = 4,577 yang dikonsultasikan dengan ttabel = 2,179 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = 12, jadi hasil hitung tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,557 > 2,179). Dengan demikian, h0 yang berbunyi “Layanan Konseling Teknik Self-Management Tidak Efektif Untuk Meningkatkan Kejujuran Peserta Didik Melalui Kantin Sekolah” ditolak. dan ha yang berbunyi “Layanan Konseling Teknik Self-Management Sangat Efektif Untuk Meningkatkan Kejujuran Peserta Didik Melalui Kantin Sekolah” diterima.
11115000660 | ROL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain