Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER KEJUJURAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SUSANTI, ASIH. 2015. 1111500081. Judul Skripsi “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Terhadap Pembinaan Karakter Kejujuran Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Dino Rozano, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Maufur, M.Pd. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok dan Karakter Kejujuran.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah masih terdapat beberapa peserta didik yang rendah kejujurannya di SMA Negeri 4 Kota Tegal. Tujuan penelitian, untuk mengetahui ada tidaknya efektifitas layanan bimbingan kelompok terhadap pembinaan karakter kejujuran peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X sejumlah 291, dengan sampel 12 % yaitu 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster quota random sampling. Variabel penelitian adalah layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas dan pembinaan karakter kejujuran sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji deskriptif persentase dan uji t – test.
Dari hasil analisis da nggunakan deskript sentase diperoleh hasil pre test = 38,888% atau krit edang dan pos test = 77% atau kriteria baik, artinya peningkatan yang 3 %. unakan uji t–test diperoleh nil ilai mudian sultasikan den af signifikan dengan
35 diperoleh Maka
maka layanan bimbin efektif dap pembinaan kter kejujuran peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Kota
Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saran yang diajukan peneliti, agar layanan bimbingan kelompok dapat ditingkatkan lagi yaitu dengan cara memberikan layanan bimbingan kelompok secara merata kepada seluruh peserta didik sehingga tingkat kejujuran yang rendah pada peserta didik dapat terentaskan secara bersama-sama.
11115000810 | ASI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain