Skripsi
STUDI KASUS TENTANG PERILAKU AGRESIF YANG BERDAMPAK PADA PERGAULAN TEMAN SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
STYAWAN, JOKO. NPM. 1111500030. Judul Skripsi “Studi Kasus Tentang Perilaku Agresif yang Berdampak pada Pergaulan Teman Sebaya Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 01 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Pembimbing I : Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Kata Kunci : Perilaku agresif, pergaulan teman sebaya
Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak peserta didik yang memiliki perilaku agresif , Bagaimana dampak perilaku agresif terhadap teman sebaya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Warureja Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2014/2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perilaku agresif pada peserta didik, dampak perilaku agresif terhadap teman sebaya peserta didik, upaya guru BK dalam memberikan bimbingan pada peserta didik yang berperilaku agresif, hasil upaya guru Bk dalam menangani perilaku agresif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Warureja Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian berjumlah 6 responden, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk perilaku agresif pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Warureja Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2014/2015 seperti memukul, mencubit, menendang, mencacimaki, serta menarik kerudung peserta didik perempuan tanpa alasan yang jelas, dampak perilaku agresif terhadap teman sebayanya meliputi merasa cemas, tidak nyaman, merasa takut, dan kurang konsentrasi belajar, serta berdampak pada si perilaku agresif yaitu di musuhi dan di jauhi teman-temanya. Upaya dan penanganan guru BK adalah dengan memberikan bmbingan dengan menggunakan konseling individual. Hasil upaya guru BK dalam menangani perilaku agresif yaitu dengan konseling individual sehingga perilaku agresif peserta didik berkurang. Disarankan perlunya konseling kelompok sebagai treatment dan sarana remidial atau pengembangan peserta didik yang memacu pada pemasalahan peserta didik.
11115000300 | JOK s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain