Skripsi
PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semeseter II SMP Negeri se-Kecamatan Ampelgading Tahun Pelajaran 2014/ 2015)
WAHYUNI. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonalterhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri se-Kecamatan Ampelgading Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof. Dr. Tri Jaka K, M.Si.,
Pembimbing II Dra. Eleonora Dwi W.,M.Pd.
Kata kunci: Kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika, (2) kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester II SMP Negeri se-Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalangtahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 781 siswa dari empat SMP. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Proporsional cluster random sampling menggunakan rumus Issac and Michael. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Ampelgading tahun pelajaran 2014/ 2015 menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan (1) kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika, sebesar 40,6%, (2) kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar matematika, sebesar 36,7%, dan (3) kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar matematika, sebesar 52,6%.
17115000430 | WAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain