Skripsi
PENGARUH PEMBELAJARAN MATH GAMES METHOD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
SUSILAWATI, IKA. 2015. Pengaruh Pembelajaran Math Games Method terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Kemampuan Awal (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 7 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015).Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.,
Pembimbing II M Shaefur Rokhman, M.Si Kata Kunci : pembelajaran math games method, kemampuan awal, prestasi belajar matematika Permasalahan utama yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran math games method dan metode ekpositori. Sehingga dilakukan suatu penelitian yang bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran math games method dengan siswa yang diajar dengan metode ekdpositori. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran math games method lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan awal tinggi. (3) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran math games method ditinjau dari kemampuan awal rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas dengan total siswa 324. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E dan VIII G sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dilanjutkan uji lanjut anava dengan uji komparasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran math games method dengan siswa yang diajar dengan metode ekspositori. (2) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran math games method lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan awal tinggi. (3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran math games method ditinjau dari kemampuan awal rendah.
17115000200 | IKA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain