Skripsi
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN EMOSI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015)
FITRI INDRASWARI, SHINTA. 2015. “Pengaruh Perhatian Orang tua dan Emosi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada PesertaDidikKelas X Semester II SMA Negeri se-Kecamatan Brebes Tahun Pelajaran 2014 / 2015)”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal
Pembimbing I Drs. Ponohardjo, M.Pd. Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd. Kata Kunci: Perhatian Orang tua, Emosi Diri, Prestasi Belajar Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan emosi diri terhadap prestasi belajar matematika, serta seberapa besar pengaruh variabel-variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMA Negeri se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 1050 peserta didik yang terdiri atas 3 sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional sampling dan cluster sampling dengan taraf signifikansi 5%.Mengacu pada tabel penentuan sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan Issac dan Michael diperoleh sampel sebanyak 258 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk prestasi belajar Matematika dan metode angket untuk variabel perhatian orang tua dan emosi diri. Instrumen penelitian telah teruji validitas dan reliabilitasnya yang sebelumnya telah diujicobakan kepada 102 peserta didik. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Perhatian Orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan koefisien determinasi sebesar 0,4037 atau 40,37%. 2) Emosi Diri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan koefisien determinasi sebesar 0,4282atau 42,82%. 3) Perhatian orang tua dan Emosi diri secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Brebes tahun pelajaran 2014/2015, dengan koefisien determinasi sebesar 0,539 atau 53,9%.
17115000890 | IND p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain