Skripsi
KONTRIBUSI KEMAMPUAN AWAL, INTENSITAS BELAJAR, MINAT, SIKAP DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X dan XI IPA Semester II SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/ 2015)
ANDINI, WIKE PUTRIKA. 2015. Kontribusi Kemampuan Awal, Intensitas Belajar, Minat, Sikap dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X dan XI IPA Semester II SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/ 2015). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Awal, Intensitas Belajar, Minat Belajar, Sikap Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika Penelitian yang dilakukan pada kelas X IPA dan XI IPA SMA N 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2014/ 2015 ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya (1) Masing - masing Kontribusi kemampuan awal, intensitas belajar, minat, sikap dan motivasi belajarterhadap prestasi belajar matematika, (2) Masing–masing Kontribusi minat, sikap dan motivasi belajar melalui intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Kontribusi Kemampuan awal, intensitas belajar, minat, sikap, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPA semester II SMA N 3 Kota TegalTahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 431 siswa yang terbagi dalam 5 kelas X, 4 kelas XI dan 4 kelas XII. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling.Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 132 siswa yaitu diperoleh dari kelas X IPA 1, X IPA 2, XI IPA 1 dan XI IPA 4.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket.Teknik analisis data menggunakan analisi jalur.Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X IPA dan XI IPA SMA N 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2014/ 2015menunjukkan bahwa : (1) Kontribusi kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematikasebesar 30,3%. (2)Kontribusi intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 34,4%. (3) Tidak ada kontribusi minat belajar secara langsung terhadap prestasi belajar matematika. (4) Tidak ada kontribusi sikap belajar secara langsung terhadap prestasi belajar matematika.(5) Kontribusi motivasi belajar secara langsung terhadap prestasi belajar matematika sebesar 29,5%. (6) Kontribusi minat belajar melalui intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 8,4%. (7) Kontribusi sikap belajarmelalui intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 9,1%. (8) Kontribusi motivasi belajar melalui intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematikasebesar 6,8%. (9) Kontribusi kemampuan awal, intensitas belajar, minat, sikap dan motivasibelajar siswa terhadap prestasi belajar matematikasebesar 30,3%.
17115000960 | AND k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain