Skripsi
KOMPARASI ESTIMASI PARAMETER KEMAMPUAN MODEL RASCH DENGAN METODE EMPIRICAL BAYES, EXPECTED A POSTERIORI, DAN MULTIPLE IMPUTATION (Studi Deskriptif Analisis Dokumen pada Butir Tes Ujian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015)
Khoerunissa, Rossiti. 2015. Komparasi Estimasi Parameter Kemampuan Model Rasch dengan Metode Empirical Bayes, Expected A Posteriori, dan Multiple Imputation (Studi Deskriptif Analisis Dokumen pada Butir Tes Ujian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M. Pd
Pembimbing II Munadi, M. Si Kata Kunci: Teori Respon Butir, Model Rasch, Empirical Bayes, Expected A Posteriori, Multiple Imputation. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui (1) estimasi parameter kemampuan model Rasch dengan metode Empirical Bayes. (2) estimasi parameter kemampuan model Rasch dengan metode Expected A Posteriori. (3) estimasi parameter kemampuan model Rasch dengan metode Multiple Imputation. (4) metode yang paling stabil dalam mengestimasi parameter kemampuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh respon peserta didik dalam menyelesaikan soal pilihan ganda pada Ulangan Akhir Semester Gasal Matematika Kelas VII Tahun Ajaran 2014/2015. Anggota populasi tersebut peserta didik SMP N di Kabupaten Tegal, dengan sampel 1234 respon yang terdiri dari 180 peserta didik SMP N 1 Pagerbarang, 322 peserta didik SMP N 1 Dukuhwaru, 318 peserta didik SMP N 1 Lebaksiu, 319 peserta didik SMP N 3 Slawi, dan 95 peserta didik SMP N 1 Adiwerna. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan teori respon butir model Rasch dengan metode Empirical Bayes, Expected A Posteriori dan Multiple Imputation dengan bantuan program R versi 3.1.2, program SPSS 17.0 untuk menghitung uji ANOVA satu jalur dan Uji Tukay.
Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) estimasi parameter kemampuan model Rasch dengan metode Emprical Bayes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan peserta didik mengerjakan tes ini sangat rendah. (2) estimasi parameter kemampuan model Rasch dengan metode Expected A Posteriori menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan peserta didik mengerjakan tes ini sangat rendah. (3) estimasi parameter kemampuan model Rasch dengan metode Multiple Imputation menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan peserta didik mengerjakan tes ini sangat rendah. (4) metode yang paling stabil dalam mengestimasi parameter kemampuan yaitu metode Multiple Imputation.
17115001250 | ROS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain