Skripsi
PENGARUH PENGUNAAN METODE PEMBELAJARAN APIQ (ARITMATIKA PLUS INTELEGENSI QUANTUM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen dengan Variabel Kovariat Kemampuan Awal pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
IKBAL, MOHAMAD. 2015. Pengaruh Pengunaan Metode Pembelajaran APIQ (Aritmatika Plus Intelegensi Quantum) Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen dengan Variabel Kovariat Kemampuan Awal pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd ; Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si Kata Kunci : metode pembelajaran, APIQ (Aritmatika Plus Intelegensi Quantum), prestasi belajar matematika. Memperhatikan penelitian-penelitian sebelumnya bahwa metode pembelajaran yang merupakan model pembelajaran inovatif termasuk metode APIQ berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika namun dalam penelitian tersebut tidak mengontrol kemampuan awal (IQ) sebagai variabel pengiring padahal kemampuan awal (IQ) memberikan kontribusi yang besar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, maka dilakukan penelitian yang bertujuan : (1) membuktikan bahwa dengan mengontrol kemampuan awal (IQ) ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran APIQ terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. (2) membuktikan bahwa dengan mengontrol kemampuan awal (IQ) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran APIQ lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas APIQ (eksperimen), 1 kelas sebagai kelas ceramah (kontrol), dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji anakova yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dengan mengontrol kemampuan awal (IQ) penggunaan metode pembelajaran APIQ berpengaruh terhadap prestasi belajar metematika peserta didik. (2) dengan mengontrol kemampuan awal (IQ), prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran APIQ lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah.
17115000730 | MOH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain