Skripsi
STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MELALUI STRATEGI WRITING FROM A PROMPT DAN WRITING IN PERFORMANCE TASKS (WPWT) DENGAN STRATEGI GUIDE TEACHING (TERBIMBING/TERPADU) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 17 Tegal Tahun Pel
NURBAETI, INDAH. 2015. “Studi Komparasi Keefektifan Pembelajaran Melalui Strategi Writing From A Prompt dan Writing In Performance Tasks (WPWT) dengan Strategi Guide Teaching (Terbimbing/Terpadu) Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negei 17 Tegal, Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Panca Sakti Tegal.
Pembimbing1 : Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si.
Kata Kunci : Komparasi, Writing From A Prompt dan Writing In Performance Tasks (WPWT), Guide Teaching (Terbimbing/Terpadu), PrestasiBelajar. Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk mengetahui perbedaan keefektifan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan Strategi WPWT dan Strategi Guide Teaching terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP N 17 Tegal. (2) Mengetahui strategi pembelajaran yang lebih efektif antara strategi WPWT dengan strategi Guide teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP N 17 Tegal. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal, Kota Tegal. Jumlah populasi sebanyak 223 siswa. Jumlah sampel adalah 64 siswa. Sampel terdiri dari dua kelompok, tiap kelompok terdiri dari 32 siswa. Kelompok 1 adalah kelas VII A, siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Writing From A Prompt dan Writing In Performance Tasks (WPWT), dan kelompok II adalah kelas VII B, siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Guide Teaching. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian, terdiri dari 10 soal dan dikerjakan dalam waktu 90 menit. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument, penulis mengujicobakan instrument dengan memberikan tes kepada 32 siswa, yang mempunyai kompetensi yang sama sebagai sampel penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan keefektifan prestasi belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan strategi Writing From A prompt dan Writing In Performance Tasks (WPWT) dengan strategi Guide Teaching pada siswa SMP N 17 Tegal. (2) Strategi pembelajaran Writing From A Prompt dan Writing In Performance Tasks (WPWT) lebih efektif dari pada strategi Guide Teaching pada siswa SMP N 17 tegal.
17115001420 | IND s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain