Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPTS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal pada Materi Segiempat Tahun Pelajaran 2014/2015)
KHASANAH, USWATUN. 2015. “Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Scripts terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Tarub Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1 : Munadi, M. Si, Pembimbing II : Drs. Ponoharjo, M. Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Scripts, Pemahaman Konsep, dan Motivasi Belajar Matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) keefektifan model pembelajaran Cooperative Scripts dibandingkan model pembelajaran Konvensional terhadap pemahaman konsep belajar. 2) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Script dibandingkan model pembelajaran Konvensional terhadap motivasi belajar. 3) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Scripts dibandingkan model pembelajaran Konvensional terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tarub dengan jumlah peserta didik 334 peserta didik yang terbagi dalam 9 kelas. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampel dan cluster random sampling, maka terpilih kelompok sampel yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen, kelas VII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VII -E sebagai kelas uji coba data instrumen penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji t dan Analisis Varians Multivariat dilanjutkan dengan uji 2 Hotelling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Cooperative Sripts lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP N 2 Tarub pada materi segiempat kelas VII semester genap tahun pelajaran 2014/2015. 2) Model pembelajaran Cooperative Sripts lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi peserta didik 3) Model pembelajaran Cooperative Sripts lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan motivasi peserta didik.
17115001350 | USW k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain