Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN KEMAMPUAN BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Ex Post Facto di SD Negeri Trayeman 03 Kabupaten Tegal 2014/2015)
RIYANTO,LUKMAN.2015. Pengaruh Kemampuan awal dan Kemampuan Bahasa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Ex Post Facto di SD Negeri Trayeman 03 Kabupaten Tegal 2014/2015). Pendidikan Matematika. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. M.Shaefur Rokhman, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci : Kemampuan Awal, Kemampuan Bahasa, Prestasi Belajar Matematika. Kemampuan awal dan kemampuan bahasa merupakan penunjang dalam prestasi belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, (2) mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan bahasa terhadap prestasi belajar matematika, jika ada pengaruh dilanjutkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya, (3) mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan awal dan kemampuan bahasa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyi kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Trayeman 03 Kecamatan Slawi Kabuaten Tegal yang berjumlah 234 siswa. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yakni kelas V dan VI yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, sebesar 26,73%; (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan bahasa terhadap prestasi belajar matematika, sebesar 11,02%; (3) ada pengaruh yang signifikan pengaruh kemampuan awal dan kemampuan bahasa terhadap prestasi belajar matematika sebesar 93,7%.
17085013470 | LUK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain