Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN MULTI LEVEL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015)
SIDIK. ABU BAKAR. 2015. 1711500047. “Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Multi Level Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Drs. Suwandono, M. Pd, Munadi M. Si Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah, Strategi Multi Level Learning, Soal Cerita, Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini adalah bertujuan untuk; (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran MLL terhadap prestasi belajar matematika. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran MLL terhadap prestasi belajar matematika. (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran MLL terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 7 Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 325 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20%-25% dari jumlah populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data Menggunakan uji regresi linier dan uji regresi linier ganda, sebelumnya data di uji dengan uji normalitas, uji kesamaan varians, uji linieritas, dan uji keberartian regresi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah (1) Kemampuan komunikasi berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran matematika dengan strategi MLL terhadap prestasil belajar matematika kelas VII di SMP Negeri 7 Pemalang khususnya pada pokok bahasan segi empat dengan besar pengaruh yaitu R2 = 47,36%. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran matematika dengan strategi MLL terhadap prestasil belajar matematika kelas VII di SMP Negeri 7 Pemalang khususnya pada pokok bahasan segi empat dengan besar pengaruh yaitu R2 = 35,48%. (3) Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran matematika dengan strategi MLL terhadap prestasil belajar matematika kelas VII di SMP Negeri 7 Pemalang khususnya pada pokok bahasan segi empat dengan besar pengaruh yaitu R2 = 33,25%. Oleh sebab itu dalam pembelajaran matematika pokok bahasan segi empat, guru disarankan menggunakan strategi MLL untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.
17115000470 | SID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain