Skripsi
Pengaruh pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan pendekatan contextual teaching and learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015
ARAFAT, TUBAGUS KAMALUDDIN. 2015. Pengaruh Pembelajaran dan Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.Skripsi. Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Wahyono M.Hum.
Pembimbing II Drs. Subiyanto M.Pd.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Hasil belajar.
Rumusan masalah penelitian ini (1) bagaimana PKn dengan pendekatan Contextual Teaching dan Learning pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi (2) bagaimana hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal (3) Apakah ada pengaruh pembelajaran PKn dengan pendekatan CTL dengan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi ?. Tujuan penelitian, untuk mengetahui (1) mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Kewaganegaraan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal tahun 2014/2015 (2) hasil belajar mata pelajaran kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal (3) hubungan penerapan metode Contextual Teaching and Learning dengan hasil belajar mata pelajaran kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal tahun 2014/2015.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Artinya dalam konteks kuantitatif,terdapat konsep konsep kunci yang dibutuhkan antara lain variabel, operasional, validitas, reliabilitas, hipotesis, dan makna secara statistik. Populasi penelitian seluruh siswa berjumlah 33 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian eksperimen, analis data menggunakan rank spearman. Pengumpulan data menggunakan angket/questioner, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian (1) penerapan pendekatan metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada seluruh siswa kelas X yang berjumlah 33 siswa di SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal menunjukkan, hasil distribusi frekuensi sebaran angket, diperoleh 4 siswa yang rendah dalam merespon pembelajaran tersebut. 6 siswa memiliki respon kategori sedang. 12 siswa merespon katagori cukup. 9 siswa dinyatakan memiliki respon katagori tinggi dan selebihnya 2 siswa merespon pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning katagori sangat tinggi (2) Nilai rata-rata hasil belajar (kemampuan kognitif) 33 siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal tahun 2014/2015, khususnya pada mata pelajaran kewarganegaraan adalah 80,33.Nilai terendah adalah 95,00. Dilihat dari distribusi frekuensinya diketahui 3 memperoleh hasil belajar kategori rendah. 1 orang siswa kategori sedang. 18 katagori cukup. 6 siswa katagori tinggi dan 2 siswa memperoleh hasil belajar dengan kategori sangat tinggi (3) hasil pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, secarakuantitatif dibuktikan dengan uji hipotesis melalui Zhitung > Ztabel ( 5,466> 1,960) maka hipotesis kerja diterima yaitu Ada Pengaruh pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Suradadi Tegal tahun 2014/2015.
12125000340 | ARA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain