Skripsi
PERANAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS X SMK PGRI 2 TAMAN TAHUN AJARAN 2014/2015
ROMADON NAPITUPULU. 2015. “Peranan Media Gambar Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas X SMK PGRI 2 Taman Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing : I Dr. Sadali, M.Pd;
II Drs. Subiyanto, M.Pd.
Kata Kunci : Media Gambar, Pembelajaran, Motivasi peserta didik .
Proses pembelajaran metode mempunyai peran penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Kedudukan metode menentukan peningkatan prestasi siswa, terutama memudahkan siswa menerima materi pelajaran. Dengan demikian, materi pelajaran akan dapat diserap oleh siswa dan dipahami maknanya. Sebaliknya metode pembelajaran yang kurang tepat dapat menyulitkan daya serap siswa terhadap bahan ajar yang disampaikan guru. Oleh karena itu, metode yang dipergunakan guru dapat dikatakan berhasil apabila dengan metode tersebut tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1). untuk mengetahui Motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran PPKn, (2). Untuk mengetahui guru-guru sudah terbiasa menggunakan media gambar, (3). Untuk mengetahui peranan media gambar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Pendekatan penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan Data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan prosedur sampel acak sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah Guru dan Pesera didik. Teknik analisis data menggunakan prosedur data reduction, data display dan conclusion drawing/verifiction .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran baik, (2). Guru-guru sudah terbiasa menggunakan media gambar dengan baik, (3). Peranan media gambar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa membantu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian: (1). Motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran PPKn baik, (2). Guru-guru sudah terbiasa menggunakan media gambar dengan baik, (3). Peranan media gambar dalam meningkatkan motivasi belajar membantu meningkatkan motivasi belajar .
Saran: (1). SMK PGRI 2 Taman diharapkan terus menerapkan dan meningkatkan penggunaan media gambar untuk menarik siswa agar siswa lebih termotivasi, (2). Guru mengajar harus kreatif dan inovatif supaya siswa tidak merasa bosan salah satunya dibiasakan menggunakan media gambar, (3). Siswa diharapkan selalu termotivasi belajar untuk mencapai cita-citanya.
12115000500 | NAP p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain