Skripsi
PEMANFAATAN BERITA POLITIK SEBAGAI MEDIA STIMULUS ANALISA BERFIKIR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DEMOKRASI STUDI DESKRIPTIF DI KELAS XI SMK SATYA PRAJA 1 PETARUKAN TAHUN PELAJARAN 2015
Prasetyo,Yugi.1211500053.2015“Pemanfaatan Berita Politik Sebagai Media Stimulus Analisa Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Kontekstual Demokrasi: Studi Deskriptif di Kelas XI SMK Satya Praja 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2015”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing : I Dra. Mursyidah DH, SH.MH.
II Wahyu Jati Kusuma, SH.MH.
Kata Kunci : Pemanfaatan Berita Politik, Demokrasi, Pembelajaran Kontekstual.
Proses pembelajaran metode kontekstual mempunyai peran penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Metode Kontekstual membantu peningkatan prestasi siswa, terutama memudahkan siswa menerima materi pelajaran. Sehingga, materi dalam pembelajaran dapat diserap oleh siswa dan dipahami makna dan artinya. Sebaliknya metode pembelajaran yang belum tepat terhadap siswa akan dapat menyulitkan daya serap siswa dengan bahan ajar yang disampaikan oleh guru. Maka hal ini, metode pembelajaran kontekstual yang dipergunakan guru dapat dikatakan berhasil apabila dengan metode tersebut tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.
TujuanPenelitianiniadalah:(1)Mengetahui proses pemanfaatanberitapolitiksebagai media stimulus dalampelajaranPPKnkelas XI,(2) MenganalisapembelajarankontekstualdemokrasidalampelajaranPPKn, (3)Menganalisapemanfaatanberitapolitiksebagai stimulus dalampembelajarankontekstual di matapelajaranPPKn.
Pendekatan penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan prosedur sampel acak sederhana. Responden dalam penelitian ini adalahGuru dan Siswa sebanyak duapuluh satu orang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pemahaman materi demokrasi dapat diterima dengan baik, (2). Pembelajaran kontekstual lebih mudah dipamahi siswa dengan baik, (3). Efektifitas dalam pembelajaran materi demokrasi juga sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan kepada siswa untuk meningkatkan wawasan terhadap problema di dalam masyarakat,sebab di dalam materi lebih banyak mengambil dari problema yang ada di masyarakat, serta untuk guru disarankan untuk lebih melihat kemampuan siswa dalam pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa.
12115000530 | PRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain