Skripsi
PENGARUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SIKAP KRITIS SISWA MELALUI ANALISIS BERITA DI MEDIA (Deskripsi siswa kelas XI SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Mohamad Arif Nurdin. 2015 “Pengaruh Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Sikap Kritis Siswa melalui Analisis Berita di Media (Deskripsi siswa kelas XI SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Muhaimin Sadirun S.H.,M.H. Pembimbing II Wahyu Jatikusuma S.H.,M.H.
Kata Kunci : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sikap, Kritis, Analisis Berita, Media.
Kondisi sekolah menunjukan bahwa masih rendahnya tingkat keingintahuan siswa dalam memperoleh informasi berita di media sehingga berdampak terhadap sikap siswa di dalam mengetahui permasalahan di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1).Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI dalam menerima mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan serta mengimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari. (2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap kritis siswa kelas XI di SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal.
Penelitian ini dilakukan dengan melihat materi yang telah diajarkan kepada siswa kelas XI, dan dikorelasikan dengan variabel terikat yaitu sikap/karakter siswa. Sebagai referensi maka peneliti melihat penelitian sebelumnya ynag relevan dengan penelitian ini.
Populasi ini di kenakan pada kelas XI dengan jumlah 321 yang terbagi dalam 12 kelas. Namum karena jumlah tersebut terlalu besar, maka pengambilan sampel menggunakan taraf kesalahan 5%. Sehingga didapat 168 siswa. teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate strantified random sampling ( populasi tidak homogen ). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang : jumlah siswa tiap kelas, nana-nama siswa, sejarah berdirinya sekolah, prestasi yang dicapai serta data pendukung pelaksanaan penelitian. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan pengaruh pendidikan kewarganegaraan dan sikap siswa. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi.
Hasil uji korelasi t_hitung=13,0733943 dengan menggunakan α=5% dan n-k=166 diperoleh t_tabel=2,189915 . Karena t_hitung>t_tabel maka terdapat pengaruh 2,8% , sedangkan hasil uji regresi b_0=301,2776 dan b_1=-3,7423 hasil ini menunjukan bahwa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan memberikan dampak positif signifikan terhadap Sikap Kritis Siswa melalui Analisis Berita di Media.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka disarankan kepada siswa agar gemar membaca dengan memanfaatkan media yang dimiliki. guru agar menerapkan metode pembelajaran yang baik serta menyarankan supaya siswa gemar membaca. Pihak sekolah disarakan untuk memfasilitasi melalui kegiatan ektrakurikuler dan media pembelajaran yang memadai.
12115000460 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain