Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 15 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
YULIANA, WINDA. 2015. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Ditinjau dari Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Segi Empat (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 15 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W, M.Pd Pembimbing II Hj. Isnani, M. Si, M. Pd
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Talking Stick, Kemampuan Numerik, Prestasi Belajar Matematika
Prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Tegal sebagian masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk lebih aktif. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Apakah prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Talking Stick yang nilainya lebih dari atau sama dengan 60 melampaui 75%, 2) Adanya perbedaan prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan numerik tinggi, 4) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick tidak lebih baik daripada model pembelajaran konvensional ditinjua dari kemampuan numerik rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 15 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri atas 256 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling purposive yang akan diambil kelas dengan guru yang sama kemudian dilanjutkan cluster random sampling yang terdiri atas 160 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) serta uji – t satu pihak kanan dan kiri dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Talking Stick yang nilainya lebih dari atau sama dengan 60 melampaui 75%, 2) Terdapat perbedaan prestasi belajar yang diajar model pembelajaran Talking Stick dengan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan numerik tinggi, 4) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih baik atau sama dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan numerik rendah.
17115000970 | WIN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain